Langsung ke konten utama

Cara Install Golang

Cara Install Golang


Kali ini saya memposting bagaimana caranya menginstall Golang. Yup, seperti yang kita ketahui sendiri bahwa Golang merupakan suatu bahasa pemrograman yang sedang ngetrend saat ini. Pasalnya, banyak perusahaan jaman sekarang yang ada di Indonesia, sedang mencari calon karyawan yang bisa menguasai Golang. Baiklah, langsung saja langkah-langkahnya:


1. Silahkan klik disini, untuk mengklik download installan Golang, klik tombol Download Go. Tinggal klik next-next aja, sesuai sistem operasi yang Anda gunakan di laptop/komputer Anda.


2. Cek versi Golang. Untuk mengetahui Golang yang kita pakai versi berapa, ketik perintah go version di CMD (Command Prompt) kita.


3. Buat folder dulu, misalkan saya buat folder bernama Belajar-Golang. Untuk yang ini, diatur aja, folder yang baru kita buat tadi, taruh di disk mana. Kalo saya, taruh di disk C.


4. Buka aplikasi kode editor sesuai selera teman-teman (Notepad++, Sublime Text, Atom, Visual Studio Code). Aku sendiri pakai Sublime Text. Untuk postingan ini, aku buat dulu program Golang pertamaku. Jangan lupa, simpan dengan format file .go. Berikut kodingannya.



5. Untuk menjalankan program Golang, buka CMD terlebih dahulu, ketik perintah seperti dibawah ini. Format perintahnya adalah ketik go (spasi) run (spasi) nama file berekstensi go, kemudian tekan enter. Misalkan aku ketik perintah go run hello.go, langsung enter aja. Hasil akhirnya, seperti gambar yang telah saya buat.


Baiklah, sekian dulu postingan saya kali ini. Kurang lebihnya, mohon maaf jik ada kekurangan. Jujur, aku sendiri baru beberapa hari, mulai belajar Golang, masih awam. Sekian dan terima kasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Biaya Kuliah S3 Universitas Gunadarma

Biaya pendidikan S3 terdiri dari beberapa komponen, sebagai berikut : 1. Biaya Pendaftaraan dan seleksi masuk sebesar Rp. 300.000. 2. Biaya Pendidikan/Uang Kuliah per semester : - Untuk 6 semester pertama sebesar Rp. 30.000.000 per semester. - Untuk semester-semester berikutnya sebesar Rp. 10.000.000 per semester. 3. Biaya Ijazah dan wisuda sebesar Rp. 500.000. Referensi: http://pasca.gunadarma.ac.id/doktor/ti/pendaftaran/biaya/

Web Developer

Definisi Web developer adalah seseorang yang menciptakan aplikasi berbasis web dengan menggunakan bahasa pemrograman. Pada dasarnya, web developer membuat berbagai hal “terjadi” pada sebuah website. Peran web developer adalah sebagai penghubung dari semua sumber daya yang akan digunakan pada sebuah website, mulai dari pemanggilan database, membuat halaman website yang dinamis, hingga mengatur cara pengunjung untuk berinteraksi dengan elemen-elemen dari website tersebut. Seorang web developer yang handal akan terbiasa dengan bahasa pemrograman, baik itu di sisi server ( server-side scripting ) maupun disisi client ( client-side scripting ). Dan jangan lupa dengan aspek database yang akan digunakan. Berikut adalah bagian aplikasi yang harus dipahami oleh seorang web developer. • Client-side: JavaScript • Server side: ASP, ASP.NET, Java, Perl, PHP, Python, Ruby, dsb. • Databases: MySQL, Oracle, dsb. Aspek tampilan menjadi sisi yang agak “terpinggirkan” oleh web developer. Pad

Koleksi foto-foto teteh Nike Ardilla Part 2

Halo semuanya, selamat sore. Maaf, belakangan ini, saya lagi sibuk urusin kerjaan di kantor. Oke, saya akan share foto-foto teh Nike yang aku punya ya. Silahkan di-download sendiri fotonya dari blogger saya. Terima kasih.